Senin, 27 April 2015

Penjenuhan Adiabatik dan Temperatur Wet-Bulb



Sangat sulit untuk mengukur kelembaban relatif dan rasio kelembaban secara langsung dengan akurat. Materi ini memberikan dua metode tidak langsung untuk menentukan kuantitas – kuantitas ini secara akurat.

Perhatikan sebuah saluran berinsulasi yang relatif panjang, yang ditunjukkan dalam Gbr. 12-2; udara dengan kelembaban relatif yang tidak diketahui masuk, uap ditambahkanke dalam udara oleh kolam air dan udara jenuh keluar. Proses ini tidak melibatkan perpindahan kalor karena saluran terinsulasi dan dengan demikian disebut proses penjenuhan adiabatik. Temperatur keluarnya adalah temperatur jenuh adiabatik. Kita akan mencaari ekspresi untuk rasio kelembabannya. Anggaplah bahwa air cari yang ditambahkan memiliki temperatur T2. Penyeimbangan energi pada volume kontrol ini, dengan mengabaikan perubahan – perubahan energi kinetik dan potensial, dilakukan dengan memperhatikan komponen – komponen udara kering dan uap air. Dengan   kita memiliki

v1hv1 + ṁa1ha1 + ṁf2hf2 = ṁa2ha2 + ṁv2hv2

tapi dari kekekalan massa untuk udara kering dan uap air,

a1 = ṁa2 = ṁa       v1 + ṁf = ṁv2

dengan menggunakan definisi dari ɷ dalam      , persamaan – persamaan di atas memungkinkan kita untuk menuliskan

aɷ1 + ṁf = ɷ2a

dengan memasukkan ini ke dalam rumus pertama, dihasilkan, dengan menggunakan hv = hg,

aɷ1hg1 + ṁaha1 + (ɷ2 - ɷ1) ṁahf2 = ṁaha2 + ɷ2ahg2

pada keadan 2 kita tahu bahwa ф2 = 1,0 dan dengan menggunakan ,

Jadi,   aɷ1hg1 + ṁaha1 + (ɷ2 - ɷ1) ṁahf2 = ṁaha2 + ɷ2ahg2   menjadi
 
Di mana ha2 – ha1 = CP (T2 – T1) untuk udara kering dan hfg2 = hg2-hf2. Oleh karena itu, jika kita mengukue temperatur T2 dan T1 dari tekanan total P kita dapat menentukan ɷ2 dari    di mana kuantitas – kuantitas sisanya dalam      diberikan dalam Apendiks C.

Karena T2 jauh lebih kecil dari T1, aparatus yan digambarkan dalam Gbr. 12-2 dapat digunakan untuk mendinginkan aliran udara. Ini dilakukan dalam iklim – iklim yang relatif kering sehingga T2 berkurang tapi biasanya tidak sampai temperatur jenuh. Alat semacam ini seringkali disebut sebagai “pendingin rawa”. Sebuah kipas yang meniup udara melalui sederetan sumbu yang berdiri di air cukup efektif untuk mendinginkan udara berkelembaban rendah.

Menggunakan alat dalam gambar 12-2 untuk memperoleh temperatur jenuh adiabati merupakan proses yang cukup rumit. Pendekatan yang lebih sederhana adalah membungkus bulb dari sebuah termometer dengan sumbu kapas yang dijenuhkan dengan air dan kemudian meniupkan udara ke sumbu tersebut atau memutar – mutarkan termometer tersebut di udara hingga temperaturnya mencapai nilai yang stabil. Temperatur wet-bulb Tw.b ini dan temperatur jenuh adiabatik pada intinya adalah sama untuk air jika tekanannya kira – kira atmosfer.



Sumber: Potter, Merle C dan Somerton, Craig W. 2008. Termodinamika Teknik. Erlangga: Jakarta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar